home Job Vacancy Webstore
header2.gif (668 bytes)  
Search :
header3a.gif (176 bytes)

Home | Tajuk Kompas | Surat Pembaca | Ad Info | About Us | Contact Us   

MAIN PAGE
BUSINESS
ENTERTAINMENT
HEALTH
INFORMATION TECH

INTERNATIONAL NEWS
INTERNET
LIFESTYLE

SPECIAL OFFER
CLASSIFIED ADS
E-CARDS
JOB VACANCY
LEBARAN SPECIAL
NEWS BY EMAIL
SHOPPING

SPECIAL TOPICS
ACEH
CURRENCY RATE
EAST TIMOR
Y2K REPORT
CABINET 1999-2004

NEWSPAPER
BANJARMASIN POST
BERNAS
MUDA
POS KUPANG
SRIWIJAYA POST
SERAMBI
SWARA
THE JAKARTA POST

MAGAZINES
ANGKASA
BOLA
INFO KOMPUTER
INTISARI
KONTAN
TIARA
ASSOCIATED PRESS

Karir

Hotel Santika


Jumat, 18 Februari 2000, 01:40 WIB

Meta Search Indonesia Bagi Pemburu Informasi

Sebuah meta search milik orang Indonesia diluncurkan. Seperti halnya Dogpile.com atau metaCrawler.com, search engine crawler yang belum diberi nama ini (rencananya bernama Crawl.Net atau Fetch.Net) dan masih nebeng di situs Techscape ini jelas tidak sama dengan situs-situs direktori seperti Search Indonesia atau Betawi net.

Sebuah meta search tidak butuh database link. Dan sebuah meta search --berbeda dengan search engine seperti Yahoo atau Google, yang mencari situs yang hanya tersimpan di dalamnya--, bisa mengambil data dari situs web atau search engine lain.

Jadi untuk mendapatkan informasi yang dicari, seorang  user tidak perlu masuk ke seluruh major search  engine. Seorang user cukup melakukan pencarian di satu situs saja atau  secara "one stop search". Karena engine inilah yang akan mencarinya ke seluruh search engine yang terbaik.

Mengungguli crawler.com yang hanya menggunakan tujuh engine, saat ini  meta search Techscape menghimpun sebanyak  19 search engine. Seoerti, Google, Fast Search, About.com, Look Smart, Open Directory, AOL, Altavista, Excite, Yahoo Search, Web Crawler, Hotbot dan lain-lain. Bahkan tersedia pula, Yahoo Auction, Amazon Auction & Books, Ebay Auction, Lycos MP3 Fast Search, dan Lycos FTP Search, More Over News, News Hub Search dan I-Syndicate. "Jumlah ini dalam waktu dekat akan ditambah," kata Maysan, yang tak lain adalah pemilik Tehcscape yang tempo hari berani menjual domain name eceran per tahun itu.

Dengan kemudahan yang diberikan ini, otomatis melalui mesin pencari ini seorang user dengan gampang dapat mencari barang-barang  yang dilelang dari tiga engine sekaligus: Ebay, Yahoo &  Amazon. Sementara mereka yang gemar berburu file-file  MP3, FTP, buku dan World News bisa juga memanfaatkannya.

Tak hanya itu, meta search engine ini pun bisa mencari situs berdasarkan per negara saja. Jadi Anda  dapat mencari situs-situs  di "China saja".... di  "Australia saja" atau di "UK" saja. Atau mungkin di "Canada" saja.

Dan menurut Maysan, listing per negara ini pun masih akan terus ditambah. "Supaya target pencarian lebih tepat sasarannya dan users puas," katanya.

Takut disuguhi situs porno? Jangan takut. Mesin ini menurut Maysan dirancang mampu mem-filter situs-situs haram  asal Anda  memilih option "No Adult Site". "Bahkan search engine ini pun masih mampu memberikan perbaikan jika Anda salah ketik kata yang akan dicari (typo/correction)," kata Maysan sambil menunjuk "layar hitam"  di bawah form untuk "search" yang ada tulisan "typo detected")

Diakui, meta search Techscape memang belum memunculkan warna keindonesiaannya. "Tapi saat ini saya sedang berencana membuat Iklan Crawler buat narik IklanBaris, IklanMini, Iklan25 dan lain-lain. Nah pada saat itu warna Indonesianya akan kental sekali," katanya dalam percakapan lewat ICQ.

"Saya hanya ingin memberi pelayanan kepada net-users Indonesia. Masak bisnis melulu?" kata Maysan sambil tertawa. (kj)



General Motor Indonesia

WQN

South East Asia No.1 Seach Engine Portal

Nortel Network

Novavista

Zyrex

 

Berita Terbaru :

17/2/2000, 21:16 wib
Situs Pentagon Digeranyangi Hacker 250.000 Kali Setahun

17/2/2000, 15:40 wib
Jaksa Agung Reno Beri Laporan di Senat Soal Hacker

16/2/2000, 12:35 wib
Kanada Bergabung Dengan FBI Memburu Hacker

 

 

 



Design and maintainance by KCM
Copyright 1999 Kompas Cyber Media. All right reserved. Privacy policy