home Job Vacancy Acer
header2.gif (668 bytes)  
Search :
header3a.gif (176 bytes)

Home | Tajuk Kompas | Surat Pembaca | Ad Info | About Us | Contact Us   

MAIN PAGE
BUSINESS
ENTERTAINMENT
HEALTH
INFORMATION TECH

INTERNATIONAL NEWS
INTERNET
LIFESTYLE

SPECIAL TOPICS
ACEH
CABINET 1999-2004
EAST TIMOR
POLLING KOMPAS
Y2K REPORT

SPECIAL CLICKS
CLASSIFIED ADS
JOB VACANCY
NEWS BY EMAIL
SHOPPING

NEWSPAPER
BANJARMASIN POST
BERNAS
MUDA
POS KUPANG
SRIWIJAYA POST
SERAMBI
SWARA
THE JAKARTA POST

MAGAZINES
ANGKASA
BOLA
INFO KOMPUTER
INTISARI
KONTAN
TIARA
ASSOCIATED PRESS

Sabtu, 22 Januari 2000, 15:40 WIB

Nama Domain Gusdur.Com Dijarah, Awank Lapor ke Polisi

Maraknya jual-beli nama domain dan mahalnya harga sebuah nama domain, akhirnya menimbulkan buntut tak sedap. Sejumlah nama domain milik orang Indonesia, diketahui telah dijarah oleh orang yang tak dikenal sejak Jumat 21 Januari lalu. Nama-nama domain yang diserobot itu antara lain, GUSDUR.COM, MEGAWATI.COM , dan INFORMASI.COM.

Salah seorang korbannya, Awank, yang kebetulan pemilik kafedomain.com, menuturkan peristiwa itu terjadi pada Jumat malam sekitar pukul 18.00 sampai pukul 21.00. Modus operandinya adalah dengan mengubah semua nama administrative billing, nama billing contact dan technical contact milik korban. Dengan cara itu ia pun berhasil mengelabui Mail-From security system dari InterNic yang mengakibatkan modifikasi rekor domain.

Hanya agaknya si penjarah lupa, dengan mudah Awank yang bukan orang baru di dunia Internet, bisa tahu jejak kaki si penjarah.
Awang pun langsung mengirim e-mail ke Internic, perusahaan yang mengelola nama domain, dan pihak CBN, provider yang digunakan si penjarah sewaktu melakukan tindak kriminal itu, guna melapor kasus itu.

Ia juga telah menyewa pengacara dan melapor ke Polda untuk membekuk si penjarah. "Saya pingin ini menjadi kasus pertama di Indonesia untuk kejahatan di Internet yang diselesaikan di pengadilan.," kata mahasiswa Fakultas Hukum UI Depok itu penuh semangat.

"Ini adalah tindakan kriminal," kata Awank yang merasa sebagai pemilik yang sah dari nama-nama domain tersebut yang dibuktikan dengan pemilikan bukti registrasi dan print-out pembayaran dari Internic.

Tapi sebentar. Sebetulnya di malam Jumat itu tak hanya nama domain milik Awank yang diobok-obok. Ada beberapa korban yang juga melapor.

"Saya menduga pelakunya orang yang sama," kata Maysan dari Techscape. "Soalnya, sebelum hal ini terjadi (hari Jumat), ada yang coba-coba mengganti NIC Handle saya.. Namun gagal karena sudah kami CRYPT-PW."

Calvin Lukmantara dari RegisterCentre.com, International Partner dari Network Solutions Inc. sangat terkejut dan ikut gemas.

Mendengar kasus ini, ia mengaku sudah melapor ke contact personnya di Network Solutions Inc. agar pengacauan yang terjadi bisa diralat dan agar nama domain yang diserobot itu bisa segera dikembalikan kepada pemilik yang sah. "Sayangnya hari ini hari Sabtu, sehingga jawaban hanya bisa diharapkan pada hari Selasa pagi," katanya lewat e-mail yang dikirimkan antara lain ke KCM.

"Mudah-mudahan kita bisa melacak orang yang tidak bermoral ini. Tindakan yang tidak terpuji ini harus diberhentikan, agar tidak mengganggu perkembangan Internet di Indonesia," kata Calvin.

Melalui e-mailnya, Calvin juga berharap bila ada yang merasa domainnya mempunyai nasib yang sama dengan domain di atas, agar segera memberitahukan kepadanya, agar dapat ia dapat meneruskan ke pihak InterNic. (kj)



Asuransi Astra

General Motor Indonesia

WQN

South East Asia No.1 Seach Engine Portal

Nortel Network

Novavista

Hotel Santika

 

Berita Terbaru :

22/1/2000, 14:47 wib
Freei.Net Mulai Masuk ke Pasar Internet Asia

21/1/2000, 11.55 wib
Half.com : Harga Tidak Lebih dari Separoh

21/1/2000, 20:43 wib
Pengguna Internet Lebih Banyak Bekerja di Rumah

 

 

 



Design and maintainance by KCM
Copyright 1999 Kompas Cyber Media. All right reserved. Privacy policy